Alasan Saya Bekerja Sebagai Internet Marketing - IndigoTrend

Recents in Beach

Dalam Tahap Pengembangan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Alasan Saya Bekerja Sebagai Internet Marketing

Share This

Berdasarkan kamus Wikipedia Indonesia pemasaran internet/online yang biasa disebut Internet Marketing, merupakan segala kegiatan/upaya melakukan/memasarkan produk lewat internet.

FYI

Saat ini sobat ada di halaman, |INDIGOTREND|Internet Marketing|Personal Interest|

Metode yang dipakai pun sangat banyak ya, misalkan, mulai dari kita menaruh iklan di websitenya detik.com untuk menjual barang dan jasa sampai upaya kita memanfaatkan sosial media untuk menjaring pengguna yang bisa di konversi ke revenue/pendapatan. Ya itu semua merupakan bagian dari Internet Marketing.

Alasan Saya Memilih Pekerjaan Internet Marketing:
Selain yang di sebutkan diatas, menjadikan kegiatan marketing di internet sebagai suatu profesi bagi saya merupakan hal yang sangat wajar. Mungkin jika dilihat dari segi prospek karir hanya kita sendiri yang bisa menentukan apakah kita akan bisa bertahan dan maju menjadi Profesional Internet Marketer atau malah sebaliknya. Logis kita beranggapan seperti itu karna saat ini profesi Internet Marketer sudah banyak yang menggelutinya tentu persaingan menjadi sangat ketat dan kita perlu formula khusus yang sesuai untuk apapun usaha/bisnis yang kita jalani.

Faktor-faktor lainnya yang membuat saya tertarik untuk serius terjun di dunia Internet Marketing adalah:
  1. Tidak ada ilmu yang basi setelah kita belajar Intenet Marketing, kenapa? marketing itu erat kaitannya dengan "Jualan". Sobat kalau sudah punya keahlian berjualan tentu itu menjadi suatu asset yang sangat berharga. Ya misalkan sobat usahnya dalam Internet Marketing tidak terlalu berjalan mulus, sobat masih bisa menjual barang via toko kelontong yang ada dekat rumah sobat atau mungkin memanfatkan grub-grub Whatsup untuk mempromosikan produk yang sobat jual berdasarkan ilmu marketing yang sudah sobat kuasai. Tentu efeknya akan berbeda ketika sobat memasarkan produk tanpa menggunakan ilmu atau strategi marketing.

    Saya sendiri melakukan kegitan internet marketing tidak 100% memasarkan produk saya sendiri. Di lingkungan saya berada kebetulan di Depok ada beberapa peternak sapi dan kambing, saya memasarkan hewan-hewan tersebut melalui Media Online memang, penjualan tidak menentu namun berkat alat gratis dari google yaitu Google Trend yang saya gunakan untuk menganalisa trend, trafik, minat areaserta faktor-faktor pendukung setiap variabel tersebut untuk saya jadikan dasar-dasar kampanye marketing dalam usaha menjual sapi.

    Point-point hasil analisa yang saya kumpulkan saya diskusikan dengan pemilik peternakan. Sampai akhirnya saya berhasil menyakinkan pemilik peternakan untuk melakukan ekstra kampanye penjualan di event-event tertentu lewat Media Online seperti saat sebelum memasuki musim Aqiqah. Karna yang saya jual merupakan komoditi yang bisa dibilang slow moving efek dari kampanye ektra yang kami(saya dan peternak hewan) lakukan dampaknya sangat besar. Berikut contoh gambar tentang cara saya menggunakan Google Trend untuk merancang stategi pemasaran online :
    Gambar 1. Memasukan queri-queri yang sudah saya siapkan
    Dari grafik diatas saya ambil kesimpulan minat masyarakat depok dan jakarta (entah perorangan maupun badan usaha) memiliki minat melakukan aktifitas online cenderung stabil namun ada 2 momentum grafik naik yaitu antara akhir bulan novemver 2017 sampai april 2018 dan momenteum lainnya di antara april dan bulan agustus. Lalu kaitkan minat tersebut dengan queri sapi.
    Seperti grafik di atas, perkegerakan grafik untuk queri sapi juga sama cenderung stabil namun juga memiliki momentuk kenaikan/loncatan yang luarbiasa pada bulan Agustus 2018.
    Lalu apa maksud dari semua ini? ada suatu kejadian/peristiwa/variabel yang mempengaruhi minat masyarakat Depok dan Jakarta pada bulan agustus 2018 terhadarap sapi.
    INI POINT PENTING BAGI SAYA

    Gambar 2. Merubah Rentan Waktu minat ke lima tahun terakhir untuk mengetahui trend minat terhadap SAPI namun tetap secara umum(kategori dikosongkan)
    WOW!Sobat bisa lihat trend minat terhadap sapi yang di tunjukkan menggunakan garis biru setiap tahun pada bulan agustus minat masyakat CENDERUNG TINGGI DAN STABIL.
    Apa artinya, sudah bisa kita pastikan ada kejadian/peristiwa/variabel terjadi pada bulan Agus.
    Gambar 3-4. Research minat sapi dalam konteks jual sapi online (klik untuk memperbesar) 
    Saya melakukan penelusuran satu-per-satu halaman web yang ada di halaman 1 "hasil pencarian query" dan mengumpulkan informasi penting seperti : Apa yang membuat web mereka berada di halaman 1, Seperti apa struktur konten merka, Teknologi tracking yang di pakai, Perkiraan keuntungan dari promosi tersebut dan sebagainnya (jika informasi sesuai dengan kebutuhan klien saya(peternak) dan saya sendiri bisa mengimplementasikannya maka kami terapkan. jika tidak ya saya abaikan saja. Penting juga untuk melakukan research/riset pada query/peminatan lainnya seperti event apa yang terjadi pada bulan agustus.

    Informasi yang sesuai untuk saya adalah setiap bulan agustus banyak sekali acara yang digelar, mulai skala kecil sampai ke besar seperti misalnya event atau musim Aqiqah dan Acara HUT-RI Indonesia dan sebagainnya yang membutuhkan komoditi yang saya ingin jual/promosikan.

    Jika sebelumnya klien saya melakukan kampanye dengan cara tradisional seperti pasang banner, flyer dan lain sebagainnya itu hanya menjaring masyarakat lokal saja yang kebetulan lewat area itu.

    Maka kami(saya dan peternak) membuat banner yang disesuaikan untuk promosi online dan mengiklankannya menggunakan media Google ADS (saya memilki akunnya namun karna ini menyangkut informasi penting tentang klien saya, saya tidak bisa menampilkannya. Mohon dimaklumi).
    Google ADS memberikan kami kemudahan dan kenyamanan yang sangat penting karna klien saya hanya membayar layanan jika iklan bekerja. Saya ini saya tidak ingin menjelaskan panjang lebar tentang google ads namun jika sobat mau belajar lebih silahkan mengunjungi official website google ads.
    Promosi tidak hanya sampai disitu kami melakukan lagi untuk hal serupa menggunakan media komunitas online seperti Kaskus.comFacebook.com(ads), dan beberapa lainnya.
    Hasilnya adalah salah satu bagian team kampenye yang menangani penerimaan panggilan dan email menjadi sangat simuk untuk melayani permintaan konsumen.

    Beliau/Peternak yang tadinya hanya menjual hewan peternakannya sendiri saat ini sudah sudah menjadi Pengepul Sapi hasil peternak lainnya.
  2. Faktor yang kedua, Trend Penggunaan Internet Setiap Tahun Meningkat
    Ini bukan statement tapi ini yang saya lihat berdasarkan Hasil Data Statistik Survey yang dikerjakan oleh APJII(Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) tahun 2017 silahkan check sendiri di websitenya. Artinya apa, branding yang kita lakukan untuk bisnis kita tidak akan pudar(beda lagi kalau bicara soal persainganya ya).
  3. Faktor yang ketiga, Interaksi Pengguna Internet Semakin Intens.Ada datanya juga dan bisa check atau cari di internet. Saran saya pilih sumber/resource yang kredibel seperti misalnya Anual Facebook yang di publikasikan menggunakan domain facebook ini merupakan sumber yang kredibel/valid. Misalnya bisnis sobat bergerak di bidang per-fileman sobat juga bisa cari referensi lewat Anual Report Walt Disney yang tersedia di website resminya. Banyaklah caranya untuk mencari data ini.  
  4. Faktor yang keempat, Ekonomi Indonesia yang terus Membaik.
    Bukan kata saya juga, ini berdasarkan grafik data statistik GDP Indonesia yang diterbitkan oleh Countryeconomy.com. Berikut gambar grafolnya: 
    Sobat juga bisa pakai indikator lainnya seperti data yang disediakan pemerintah sendiri. 
  5.   Faktor yang kelima, secara pribadi saya sangat tertarik mendalami dunia Internet khususnya Marketing dan Blogging, soalnya saya bisa menghasilkan uang dari situ sembari saya menambah wawasan saya hehehe :D. 
Oke sobat faktor-faktor yang membuat saya fokus di dunia Internet Marketing sudah saya sampaikan bagi yang belum bergabung sobat juga bisa menjadi seorang internet marketer seperti saya. Banyak sekali ide diluar saya untuk bisa memulainya.
Tapi yang perlu di perhatikan adalah, pilih yang sobat perlukan dan jika sobat tidak passionable di bidang ini maka jangan paksakan karena itu nanti akan memperngaruhi proses sobat menjalankan karir ini.

Itu aja dulu dari saya semoga artikel ini bermanfaat, jika sobat mau dapat notifikasi atau update terbaru dari saya silahkan subscribe email menggunakan bilah widget atau mengirimkan form via email di idnindigotrend@gmail.com serta jangan lupa bagi yang mau bergabung di sosial media INDIGOTREND sobat bisa follow di icon sosmed pada bagian header dan footer theme blog ini.
Terimakasih,
Salam Hangat Blogger Indonesia


PS: SAYA BUKAN AHLI MARKETING ATAU SARJANA EKONOMI, ILMU MARKETING YANG SAYA DAPAT PURE DARI MEMPELAJARI RESOURCE YANG TERSEDIA SEPERTI, BUKU-BUKU MARKETING, RESOURCE MARKETING DI INTERNET, DAN DARI SODARA-SODARA SAYA YANG BERKECIMPUNG DALAM DUNIA MARKETING YANG TERUS SAYA PRAKTEKAN HARI DEMI HARI. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages